Tips Menjaga Tekanan Angin Ban Mobil

Ban mobil adalah salah satu komponen penting yang harus diperhatikan dan dirawat. Selain memperhatikan dan merawat kualitasnya, Anda juga harus memperhatikan tekanan angin ban mobil agar tetap terjaga. Pasalnya, tekanan ban sangat penting sekali untuk kenyamanan dan keamanan saat berkendara.

Nah, berikut ini kami akan coba jelaskan cara mengatur tekanan angin pada ban mobil yang dapat menjamin kenyamanan Anda saat berkendara.

Tips Menjaga Tekanan Angin Pada Ban

Hal pertama yang perlu Anda siapkan adalah alat untuk mengukur tekanan angin pada ban. Alat ini penting untuk mengetahui berapa nilai tekanan angin pada kendaraan yang Anda miliki, khususnya mobil.

Alat untuk mengukur tekanan angin pada ban ini tergolong murah dan juga mudah didapatkan. Bahkan saat ini Anda bisa membelinya secara online. Dengan memiliki alat ini, maka Anda bisa mengecek dan terus memperhatikan nilai tekanan angin pada ban tersebut.

Setelah Anda memiliki alat untuk mengukur tekanan angin pada ban, selanjutnya silahkan Anda cek tekanan angin mobil Anda. Namun harus Anda ketahui, bahwa tekanan angin yang ideal pada ban berbeda-beda tergantung dari jenis mobil itu sendiri.

Tekanan angin tidak boleh terlalu rendah dan juga tidak boleh terlalu tinggi. Artinya tekanannya harus pas. Untuk nilainya sendiri berbeda-beda. Silahkan Anda ketahui terlebih dahulu estimasi berat kendaraan dan digunakan untuk berapa penumpang.

Tekanan angin untuk mobil-mobil standar seperti Mini MPV dan Mini SUV adalah sebesar 30 hingga 32 PSI. nilai tersebut sudah dirasa ideal untuk mobil-mobil pada tipe tersebut agar nyaman pada saat digunakan.

Sementara mobil yang lebih kecilnya lagi bisa menggunakan ukuran 28 hingga 30 PSI saja. Sedangkan untuk mobil-mobil dengan berat yang lebih besar, maka nilai tekanan angin pada bannya harus lebih tinggi lagi. Anda bisa menaikkan 1 atau 2 PSI saja jika mobil Anda dirasa lebih berat dari mobil lain pada umumnya.

Nah, itulah beberapa hal penting yang bisa kami jelaskan seputar mengatur tekanan angin ban. Bagaimana, cukup mudah bukan? Mulailah untuk memperhatikan kualitas dan tekanan angin pada ban Anda sejak dini. Selamat mencoba.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.