Pengertian Dari Investasi yang Perlu Anda Ketahui

Salah satu hal yang sangat penting dalam melakukan pengelolaan financial yaitu menyisihkan penghasilan untuk investasi. Investasi itu sendiri merupakan sebuah kegiatan menanam dana ataupun modal dengan harapan di sini memperoleh imbal hasil atau keuntungan dimasa akan datang.

Investasi merupakan aktivitas menempatkan sebuah aset atau dana yang sangat berharga lainnya dalam sebuah instrumen tertentu untuk jangka waktu tertentu. Sehingga dengan penempatan dana tersebut diharapkan nantinya akan memberikan imbal hasil. Untuk lebih mengetahui lagi apa itu investasi, maka Anda perlu membaca ulasan di bawah ini hingga tuntas.

Apa Pengertian Dari Investasi?

 

Investasi adalah aktivitas penanaman modal atau uang di dalam sebuah perusahaan maupun proyek yang mana di sini bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Pihak ataupun orang yang melakukan kegiatan investasi sering dikenal dengan sebutan penanam modal atau investor.

Investasi merupakan penanaman modal yang biasanya dilakukan dalam jangka panjang guna pengadaan aktiva lengkap maupun pembelian saham serta surat berharga lain. Sedangkan untuk pengertian lain, investasi yaitu merupakan aktivitas membeli barang maupun aset yang mana memiliki tujuan untuk memperoleh peningkatan nilai dari sebuah aset.

Saat seorang individu di sini membeli barang sebagai tindakan investasi tujuannya yaitu bukan untuk mengkonsumsi barang tersebut, melainkan disini untuk memakainya di masa mendatang. Suatu kegiatan investasi selalu menyangkut pengeluaran sejumlah modal, uang, tenaga ataupun aset dengan harapan akan memperoleh hasil yang lebih besar nantinya di masa yang akan datang.

Jadi secara sederhana disini pengertian investasi yaitu mengembangkan uang maupun aset lain untuk memberikan keuntungan dimasa yang akan datang guna mencapai tujuan-tujuan tertentu. Tujuan tertentu yang dimaksud disini seperti contohnya keinginan untuk membuka usaha, pendidikan anak, menikah, membangun rumah, kebutuhan fashion dan lain sebagainya.

Sekalipun demikian, tujuan dari investasi bukan untuk menjadikan investor cepat kaya. Dalam menjalani kegiatan investasi di sini perlu disertai dengan kesabaran dan komitmen kuat serta tetap tenang saat terjadi fluktuasi terhadap pasar.

Berdasarkan jangka waktunya sendiri, jenis investasi tersebut dibedakan menjadi dua, antara lain yaitu investasi jangka panjang dan investasi jangka pendek. Pengertian investasi lebih sering diartikan dengan kegiatan penanaman modal jangka panjang.

Investasi jangka pendek yaitu jenis investasi yang mana di sini dilakukan hanya dalam periode waktu yang terbilang singkat. Biasanya keuntungan dari melakukan investasi jangka pendek tersebut yaitu diharapkan bisa terwujud setidaknya hanya dalam waktu kurang dari 1 hingga 3 tahun.

Oleh karena jangka waktu yang terbilang pendek, maka pendapatan dari investasi jangka pendek tersebut tentunya juga lebih kecil. Contoh untuk investasi jangka pendek seperti pasar saham, obligasi jangka pendek, sertifikat deposito, peer to peer lending di Indonesia dan lain sebagainya.

Berbeda lagi dengan investasi jangka panjang, untuk investasi jangka panjang di sini akan memerlukan waktu lebih dari 3 tahun supaya nantinya bisa diperoleh imbal hasil. Umumnya seorang investor baru bisa mendapatkan hasil dari kegiatan investasi yaitu 5 tahun setelah akhirnya mereka melakukan aktivitas tersebut.

Imbal hasil yang didapat dari investasi yang dilakukan dengan jangka panjang pastinya akan lebih besar jika dibandingkan dengan investasi yang dilakukan hanya dalm jangka pendek saja. Contoh investasi jangka panjang seperti investasi saham, pembelian tanah, investasi emas dan lain sebagainya.

Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan kegiatan investasi. Manfaat tersebut seperti Anda akan mendapatkan kebebasan finansial. Saat seseorang sudah memperoleh pasif income, maka kebutuhan hidupnya akan tercukupi.

Selain itu, kegiatan investasi ini juga bermanfaat untuk melindungi aset Anda dari inflasi. Inflasi yang terjadi secara terus-menerus memang tidak bisa dihindari setiap tahunnya dan nilai mata uang akan selalu menurun. Hal tersebut pada akhirnya juga akan membuat nilai aset yang Anda miliki berkurang. Oleh karena itulah, untuk menghindari penyusutan nilai aset, maka Anda harus melakukan kegiatan investasi tersebut.

Itulah tadi ulasan singkat mengenai apa itu investasi serta apa saja keuntungan yang bisa Anda dapat dengan melakukan kegiatan investasi. Investasi nyatanya memang memberikan banyak sekali manfaat. Karena itu, Anda harus memulai membiasakan melakukan aktivitas investasi tersebut sejak dini.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.