Kapankah Waktu Terbaik Untuk Diet?

Hidup sehat adalah milik semua orang. Namun untuk menjadi sehat, seringkali ada hambatan utamanya karena tidak idealnya komposisi tubuh. Dengan menggunakan timbangan komposisi tubuh terbaik, Anda bisa lebih mudah mengetahui dan mengontrol berat badan ideal, dan hidup sehat akan jadi lebih mudah.

Sudah tahukah kamu, jika menurut Menkes Indonesia, pada tahun 2019, hanya sekitar 20% saja jumlah masyarakat Indonesia yang menerapkan hidup sehat. Jumlah ini mengalami kenaikan di masa pandemi menjadi 59% dari hasil survey Herbalife Nutrition.

Penerapan hidup yang tidak sehat ini akan mempengaruhi komposisi tubuh individu menjadi tidak ideal. Jika pada idealnya komposisi tubuh ideal perempuan dewasa, 25 sampai 40 tahun memiliki 22% – 30% lemak, dengan hidup tidak sehat, komposisi lemak tubuh bisa mencapai lebih dari garis ideal. Itulah mengapa, penting dilakukan diet, ketika komposisi tubuh sudah tidak lagi ideal.

 

Lalu kapan waktu-waktu terbaik melakukan diet?

Diet pada setiap orang dilakukan dengan cara yang berbeda dan dengan waktu mulai yang berbeda. Ketika komposisi tubuh sudah tidak ideal, diet sudah seharusnya segera dilakukan.

Mengatur pola makan dengan diet ini dapat dilakukan kappa npun dan dimana pun. Dengan menimbang nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, lalu menyesuaikan jenis konsumsi sebagaimana yang diperlukan.

 

Apakah diet hanya untuk orang sakit?

Diet bukan hanya untuk orang yang sakit, bahkan diet tetap disarankan kepada orang sehat. Sebagaimana pengertiannya, diet adalah kebiasaan dalam mengatur pola makan sesuai kebutuhan tubuh.

Individu dengan tubuh yang sehat boleh-boleh saja tetap diet untuk mempertahankan komposisi idealnya. Baik untuk orang sakit ataupun tidak, dengan tujuan untuk kesehatan, diet sah dilakukan.

 

Bagaimana diet yang sehat?

Demi diet yang sehat, kamu tidak boleh memaksakan diet kamu versi diet yang lain. Dikarenakan kebutuhan setiap tubuh berbeda, maka diet dilakukan dengan memperhitungkan komposisi ideal tubuh.

Tentunya akan ada perubahan dari pola, porsi, menu, dan jam makan. Selain itu, akan ada tambahan aktivitas seperti olahraga untuk membantu menunjang proses diet yang optimal.

 

Kapan jam makan terbaik saat diet?

Jam 07.00 pagi merupakan waktu yang ideal untuk sarapan dengan menu berprotein tinggi. Hal ini akan membantu kamu dalam menahan rasa lapar lebih lama selama beraktivitas.

Jam 11.00 siang dilanjutkan dengan snack ringan rendah kalori seperti buah, sayur, umbi-umbian, dan juga kacang-kacangan.

Jam 12.00 siang waktu untuk kamu mendapatkan menu siang. Pastikan menu diimbangi dengan sayur dan buah yang cukup. Makan siang teratur akan membantu proses diet berjalan lebih cepat.

Jam 02.00 siang waktu untuk camilan. Ngemil ini untuk membantu kamu menahan dari makan besar sehingga memberikan jeda kepada lambung untuk beristirahat.

Jam 06.00 malam adalah waktu untuk makan malam. Dengan mengonsumsi makanan rendah kalori dan memperbanyak minum air putih.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.