Gara-gara Main Petasan, 3 Bocah di Bantul Terbakar, Korban Dilarikan ke Rumah Sakit

Gara gara bermain petasan, tiga bocah di Kapanewon Pundong, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menderita luka bakar. Kapolsek Pundong, AKP Yosephine Iswantari mengatakan, ketiganya bermain petasan pada Sabtu (17/04/2021) sekitar pukul 17.00 WIB. Kejadian berlangsung secara tiba tiba.

Ketiganya terkena ledakan dari obat petasan yang dibakar. Beruntungnya tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun ketiganya mengalami luka bakar di bagian tubuhnya. Tiga bocah tersebut adalah N (12), Z (08), dan H (10).

Ketiganya merupakan warga Padukuhan Candi, Kalurahan Srihardono, Kapanewon Pundong. "Korban yang paling parah adalah N. Luka bakar bagian wajah, tangan, dan kaki. Harus menjalani perawatan di rumah sakit." "Korban Z mengalami luka bakar pada bagian wajah. Sedangkan H mengalami luka bakar pada kakinya,"katanya, Jumat (23/04/2021).

Atas kejadian tersebut, ia mengimbau agar masyarakat tidak bermain petasan. Tidak hanya membahayakan bagi orang lain, tetapi juga melanggar undang undang yang berlaku. "Larangan bermain petasan tidak hanya ketika dibakar dan diledakkan saja, namun saat membuat dan menyimpan serta memperjua belikan,"lanjutnya.

Aturan terkait petasan termaktub dalam Undang undang darurat Nomor 12 Tahun 1951 dengan ancaman maksimal 12 tahun penjara. Untuk itu, ia meminta masyarakat untuk patuh pada aturan yang berlaku, apalagi untuk keamanan bersama. "Kami akan terus melakukan sosialisasi terkait larangan dan bahaya bermain petasan. Sudah ada tiga korban karena bermain petasan. Jadi petasan ini berbahaya bagi diri sendiri dan orang lain,"tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.