6 Cara Hemat Anggaran untuk Kredit Mobil

Membeli mobil memang membutuhkan anggaran dana yang tidak sedikit. Mobil bisa menjadi pembelian besar dalam hidup seseorang setelah rumah. Untungnya, saat ini ada banyak kredit mobil yang bisa membantu Anda mendapatkan mobil baru meskipun menggunakan sistem cicilan.

Tidak ada yang salah dengan kredit kendaraan selama Anda mampu membayar dan mencicilnya. Pastikan Anda menghitung dengan cermat anggaran yang dimiliki supaya tidak membebankan keuangan rumah tangga Anda. Bagaimana ya cara untuk menghemat anggaran untuk bisa beli mobil?

6 Cara Menghemat Anggaran untuk Beli Mobil

Bagi yang benar-benar menginginkan mobil, maka Anda harus berkorban dan berkomitmen untuk bisa menghemat uang dan anggaran mengingat harga mobil tidaklah murah. Berikut adalah beberapa cara untuk menghemat anggaran :

1.     Kurangi Pengeluaran Anda

Pikirkan tentang keinginan versus kebutuhan untuk memutuskan apa yang dapat Anda lakukan saat menghemat uang. Tetaplah memperhitungkan apapun yang Anda beli atau keluarkan. Sesekali ingin memanjakan diri itu boleh, tapi jangan lupa tujuan Anda.

Perubahan kecil dalam kebiasaan belanja akan membuat dana untuk uang mobil semakin cepat terkumpul. Cobalah untuk terus mengurangi pengeluaran yang memang sekiranya bisa dipangkas.

2.     Gunakan Rekening Tabungan

Antara mengurangi pengeluaran dan mendapatkan penghasilan tambahan, pastikan Anda menyimpan uang tersebut di suatu tempat yang aman. Gunakan atau buka rekening tabungan, dan langsung simpan uang untuk uang muka mobil secara teratur.

Mulailah menambahkan tabungan ke akun rekening setiap bulan. Jika bisa, cobalah untuk mengatur transfer otomatis ke rekening tabungan dari gaji bulanan supaya uang untuk uang muka lebih mudah terkumpul.

3.     Tetap Disiplin Menabung

Tetap disiplin menabung membuat segalanya lebih mudah dilakukan. Mencoba disiplin memang butuh penyesuaian yang sulit pada awalnya, tetapi akan menjadi hal yang menyenangkan ketika melihat tabungan Anda meningkat.

Dengan disiplin, maka Anda bisa membatasi pengeluaran berlebih yang sering dilakukan secara tidak terduga. Fokus saja pada uang muka yang ingin dicicil dan rajin menabung untuk bulan berikutnya.

Ketika Anda tidak disiplin dan sering menghamburkan uang, maka sulit untuk bisa membeli mobil dengan anggaran yang besar.

4.     Teliti Kendaraan yang Anda Minati Terlebih Dahulu

Meneliti kendaraan yang diminati sangat penting untuk menemukan mobil yang sesuai dengan anggaran Anda. Ketahui juga apa saja yang menjadi fitur pada kendaraan. Selanjutnya, pikirkan tentang anggaran bulanan Anda dan pembayaran bulanan maksimum yang ingin Anda integrasikan ke dalamnya.

Jangan membeli mobil di luar kemampuan Anda karena hal itu hanya menjadi bumerang di kemudian hari. Sesuaikan dengan kemampuan finansial yang dimiliki.

5.     Pertimbangkan Uang Muka

Meskipun DP akan menjadi biaya dimuka, namun DP atau down payment dapat membantu mengurangi jumlah hutang pinjaman. Uang muka juga dapat memperkecil jumlah kredit yang dibayarkan setiap bulannya.

Secara umum, ada baiknya merencanakan untuk menyisihkan setidaknya 20 persen untuk uang muka dan cicilan pertama. Hitung dengan cermat dan jangan lupa untuk tambahkan tabungan untuk anggaran di luar biaya DP dan cicilan seperti bensin dan perawatan.

6.     Manfaatkan Fitur SEVA

 

Astra Financial meluncurkan sebuah platform untuk beli mobil baru berkualitas. Platform ini dibekali dengan berbagai macam fitur canggih. Anda yang pusing dengan anggaran bisa memanfaatkan fitur dari SEVA namanya Instant Approval.

Jadi, fitur satu ini bisa menyesuaikan anggaran Anda untuk membeli mobil impian. Anda bisa tentukan sendiri skema pembayaran yang diinginkan.

Tentu tidak hanya itu saja, Anda juga bisa konsultasi dan menggunakan fitur Loan Calculator untuk menghitung anggaran yang dimiliki. Sangat menyenangkan bukan beli mobil di platform ini? Semuanya menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.