5 Jenis AC dan Perbedaanya, Ketahui Biar Gak Salah Pilih!

Penggunaan AC sangat penting bagi beberapa orang, khususnya bagi mereka yang tinggal di daerah dengan cuaca terik dan panas. Namun, membeli pendingin ruangan AC  untuk rumah atau ruangan lainnya seperti kantor, tidak boleh dilakukan sembarangan. Salah membeli AC bisa bikin kamu rugi sebab tidak bisa merasakan performa dan manfaatnya secara maksimal. Apalagi, saat ini ada banyak jenis AC yang di jual di pasaran. Setiap jenisnya tentu memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

 

Oleh karena itu, sebelum kamu memutuskan untuk membeli AC, sebaiknya ketahui dulu jenis-jenis AC yang ada saat ini biar tidak salah pilih. Untuk membantu kamu menemukan jenis AC yang cocok untuk kebutuhanmu, di kesempatan kali ini kami akan memberi ulasan tentang jenis-jenis AC dan perbedaanya yang bisa kamu simak dibawah ini!

 

1. AC Standing Floor

Sumber: id.pinterest.com

 

Jenis AC satu ini memiliki bentuk unit indoor berdiri dan mempunyai kapasitas 1 hingga 5 PK. Terlebih lagi, bentuknya ini memungkinkan kamu bisa memindahkannya sesuka hati. Sehingga cocok sekali digunakan untuk acara-acara besar seperti pameran, pernikahan, dan masih banyak lagi.

 

Bahkan, ada jasa sewa AC Standing Jakarta yang bisa kamu andalkan untuk kebutuhan acara pernikahan dan lainnya. Untuk AC standing door ini sistem pendinginnya berada di bagian dasar bawah mesin, dan dapat mengeluarkan panas melalui ventilasi di dinding terluar.

 

2. AC Split Wall

Sumber: id.pinterest.com

 

AC split wall atau AC standar merupakan jenis AC yang paling umum digunakan oleh banyak orang untuk pendingin ruangan di dalam rumah, perusahaan, kantor, dan tempat umum lainnya. Selain karena penggunaannya yang mudah, perawatannya juga tidak terlalu ribet.

 

Jenis AC ini terbagi menjadi dua bagian yang di antaranya yaitu indoor dan outdoor. Bagian indoor berguna untuk memberikan udara dingin dalam ruangan, sedangkan outdoor berfungsi sebagai tempat mesin untuk membantu pembuangan udara panas dan mengurangi tekanan pada refrigerant.

 

3. AC Inverter

Sumber: shopee.co.id

 

AC Inverter merupakan inovasi AC yang dirancang dengan lebih pintar karena dilengkapi berbagai komponen untuk mengatur kinerja kompresor sesuai kebutuhan. Oleh sebab itu, jenis AC Inverter ini dibanderol dengan harga yang terbilang mahal kalau dibandingkan dengan AC split wall.

 

Pada frekuensinya, diatur oleh suhu yang tersedia di dalamnya. Ketika suhu ruangan telah dingin, sensor pintar yang dimilikinya akan mengatur arus listrik yang digunakan dan bikin putaran kompresor menjadi lambat. Hal ini ternyata dapat membantu kamu dalam menghemat penggunaan listrik.

 

4. AC Portable

Sumber: id.pinterest.com

 

AC portable tidak memiliki indoor atau outdoor yang biasanya terdapat pada AC split wall. Jenis AC ini mengeluarkan udara panas melalui belalai atau selang yang diarahkan ke area luar ruangan, seperti jendela atau ventilasi ruangan. AC portable biasanya mempunyai kapasitas yang terdiri dari 1 PK, 3 PK, dan 1 ½ PK.

 

Semakin besar kapasitas PK-nya, semakin besar pula daya yang diperlukan. Jenis AC ini juga terdapat dalam sewa AC portable Jakarta yang mungkin bisa kamu pilih untuk kebutuhan tertentu.

 

5. AC Cassette

Sumber: id.pinterest.com

 

Terakhir, ada AC cassette yang sering ditemui dalam bentuk indoor yang menempel pada plafon-plafon langit ruangan. Jenis AC ini memiliki banyak macam ukuran, seperti 1,5 PK sampai 6 PK. Pemasangan AC cassette ini tidak dapat dilakukan sembarangan, diperlukan keahlian khusus agar bisa terpasang dengan baik serta memberi performa yang bagus.

 

Nah, itu dia lima jenis AC dan perbedaannya yang telah kita simak bersama di atas. Bagaimana, sudah menemukan jenis AC yang sesuai dengan kebutuhanmu?

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.